Debar Pilpres 2019 Bakal Live Streaming di Medsos

Debat Pilpres 2019 Bakal Live Streaming di Medsos

Berita Terbaru

2019PilihJokowi, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melakukan terobosan untuk meningkatkan partisipasi pemilih luar negeri di pemilihan umum (pemilu) 2019. Salah satunya dengan cara memanfaatkan teknologi live streaming pada saat debat pasangan calon presiden-wakil presiden di pilpres 2019.

Komisioner KPU RI, Viryan Aziz, mengatakan pihaknya berupaya melakukan inovasi supaya pemilih luar negeri dapat menggunakan hak pilih. Melalui teknologi live streaming, kata dia, publik berhak mendapatkan akses menerima informasi pada saat kampanye.

Baca Juga : Jokowi Disebut Mirip Valentino Rossi Oleh Menpora Malaysia

“Debat pilpres di live streaming dan FB. Kami akan membuat live di FB. Asal modal kuota atau wifi, dia bisa akses,” ujar Viryan, ditemui di kantor KPU RI, Senin (20/8/2018).

Selain penggunaan teknologi live streaming pada saat debat pilpres, kata dia, teknologi itu juga akan dimanfaatkan untuk mencegah terjadi kecurangan.

Pada pilpres 2014, menurut dia, pihak penyelenggara pemilu itu menggunakan drop box. Namun, dia menegaskan, penggunaan drop box dicurigai rentan terjadi manipulasi.

“Kami pikirkan instrumen tambahan, ketika ada titik orang datang di live streaming faktual dan akan terekam,” kata dia.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan partisipasi pemilu luar negeri di pemilu 2019 mengalami peningkatan mencapai 50 persen. Pada pesta demokrasi rakyat lima tahun lalu, angka partisipasi hanya sekitar 35 persen.

Sumber : http://www.tribunnews.com/pilpres-2019/2018/08/21/kpu-bakal-live-streaming-debat-capres-cawapres

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *